Halaman

Senin, 14 Mei 2012

Ayo Konsumsi Sayuran


Mencintai atau membencinya, Anda tidak dapat menyangkal pentingnya sayuran sebagai menu sehari-hari. Faktor tak suka sayuran, baik yang sudah dimasak atau masih mentah, membuat banyak orang menghindarinya. Padahal, seperti diketahui, sayuran sebagai sumber serat penting untuk kesehatan tubuh. Salah satunya adalah menjaga kesehatan usus besar dari kanker. Makanya, tak usah ragu untuk mengonsumsinya, cukup dengan mengubah gaya memasak Anda. 
Berikut ini beberapa tip dari Times of India agar Anda tak perlu malas lagi setiap kali akan menyantap sayuran:
Tambahkan sayuran dalam hidangan favorit Anda
Anda penyuka lasagna? Tambahkan bayam, brokoli, atau wortel bersama dengan irisanzucchini ke dalam adonan lasagna. Sayuran tersembunyi ini tak akan mengintimidasi karena terbalut gurihnya keju mozzarella dan cheddar. Atau, tumis makaroni bersama asparagus, jamur, paprika dengan minyak zaitun. Taburi permukaannya dengan keju parut yanggenerousHmmm...sayuran akan makin yummy saat disantap. 
Buat salad warna warni
Masukkan semua sayuran yang Anda suka ke dalam mangkuk salad. Ada banyak sayuran yang cocok dengan selada yang beraneka, seperti selada romaine, selada bokor, atau lettuce. Padukan dengan sayuran, seperti bawang bombay, lobak, wortel parut, mentimun, kembang kol, atau kacang merah kalengan. Siram dengan dressing-nya, thousand islandatau french dressing. Sedap!
"Selipkan" sayuran ke dalam comfort food
Saat kelaparan saat tengah malam, selipkan sawi hijau atau bokchoy ke dalam semangkuk mi instan rebus. Atau, saat membuat sandwich, jangan lupa untuk menambahkan selada, tomat, mentimun di antara tumpukan daging burger. 
Sayur + buah = jus segar 
Padukan jeruk, stroberi dengan sawi hijau lalu blender hingga halus. Segelas jus sawi jeruk siap meluncur ke tenggorokan. Atau, brokoli yang diblender bersama mangga dan dibubuhi sedikit perasan air jeruk nipis. Segar!
Panggang sayuran Anda
Jangan ragu untuk untuk mengolah sayuran menjadi sayuran panggang. Bisa dengan dipanggang begitu saja, seperti paprika, jamur, atau zucchini. Olesi dulu sayuran dengan minyak zaitun dan bubuhi dengan garam dan merica. Lalu, sajikan bersama cocolan saus mayones. (ren)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar